
Kulkas satu pintu merupakan lemari pendingin yang simple dan sederhana cara kerjanya di banding dengan yang dua pintu atau lebih, kulkas satu pintu tidak dilengkapi dengan alat alat seperti fan sirkulasi udara dan defrost sebagai penghilang forst otomatis, sehingga kerusakan kulkas satu pintu kebanyakan dari sistem refrigran/preon. berikut penyebab kerusakan kulkas satu pintu yang sering terjadi:
Terjadi kebocoran pada sistem refrigran atau preon yang mengakibatkan proses pendinginan tidak berjalan dengan baik sebab tidak adanya preon sebagai media pendingin. biasa terjadi kebocoran di evaporator karena kebanyakan orang tidak sabar untuk mengambil batu es yang terhalang salju dan mencongkelnya dengan benda tajam/tumpul dan menyebabkan kebocoran.
cara perbaikan KULKAS dan alat alat yang dibutuhkan
1. Lem lacostick atau biasa di sebut lem ijo, alat untuk menambal evaporator.
2. Perak atau kawat las,
3. Blender las (untuk ngelas) bisa menggunakan gas hicok atau las kecil.
4. Manifold/analiser gunanya untuk pengisian preon sekaligus mengukur tekanan preon
5. Refrigrant/preon R134a yang umumnya digunakan untuk kulkas.
2. Perak atau kawat las,
3. Blender las (untuk ngelas) bisa menggunakan gas hicok atau las kecil.
4. Manifold/analiser gunanya untuk pengisian preon sekaligus mengukur tekanan preon
5. Refrigrant/preon R134a yang umumnya digunakan untuk kulkas.
6. Pentil pengisian preon
7. Pemotong vipa atau cutter
8. Strainer atau filter
9. Tool box atau peralatan service,
nah kalau sudah siap semua peralatan di atas;
7. Pemotong vipa atau cutter
8. Strainer atau filter
9. Tool box atau peralatan service,
nah kalau sudah siap semua peralatan di atas;
Tahap pertama, pada permukaan yang bocor, bersihkan atau kerok cat evaporator sampai bersih,
panaskan evaporator kulkas yang bocor menggunakan blender las, setelah panas tempelkan Lem locistick pada permukaan yg bocor dengan merata, tunggu 2-3menit sampai lem mengeras.
panaskan evaporator kulkas yang bocor menggunakan blender las, setelah panas tempelkan Lem locistick pada permukaan yg bocor dengan merata, tunggu 2-3menit sampai lem mengeras.
Tahap kedua, setelah selesai dengan pengeleman lalu pindah ke bagian mesin atau kompresor, di body mesin compresor ada tiga vipa dan yang dua terhubung ke atas atau ke bodi kulkas, yang satu vipa Tekan terhubung ke kondensor, yang satu lagi vipa hisap terhubung ke evaporator, dan satu lagi vipa buntu untuk menyambung pentil, gunanya untuk media pengisian refrigran/preon,
Nah dengan kerusakan kebocoran di evaporator tadi, air dari es atau salju pasti terhisap oleh compresor ke dalam evaporator melalui celah yang bocor tadi. maka sebelum pengisian preon sebaiknya di kuras dulu menggunakan preon R11,
Tahap ketiga, Ganti Strainer yang lama dengan yang baru, strainer, lubang pengeluaran untuk vipa kapiler ada yang 2 lubang dan 1 lubang (yang dua lubang satu buat vacum)
Tahap ke empat, sambung pentil ke bagian vipa buntu tadi untuk pengisian preon, sewaktu pengelasan pentil, buka siel pentil agar tidak meleleh terkena hantaman panas, setelah terpasang kemudian lap menggunakan kain basah, dan pasang kembali pentil seal.
Tahap ke lima, mulai pengisian preon tapi sebelumnya vacum dulu sambil ngecek apa masih ada yang bocor di lasan sama di evaporator (pengecekan kebocoran bisa dilakukan pakai busa sabun) setelah selesai di vacum dan jarum manifold tidak naik ke atas berarti sudah tidak ada lagi kebocoran, tapi bila jarum manifold masih naik ke atas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
Tahap seterusnya, barulah mulai pengisian refrigrant/preon, tekanan preon KULKAS adalah 15psi dalam keadaan mesin compresor beroperasi, setelah tekanan preon mencapai 15psi cek ampere compresor normal atau tidak, (nilai ampere yang normal anda bisa lihat di spesipikasi diagram di belakang kulkas) dan cek juga evaporator dengan meraba jika sudah terasa lengket di tangan berarti kulkas sudah normal kembali atau dingin.
Nah dengan kerusakan kebocoran di evaporator tadi, air dari es atau salju pasti terhisap oleh compresor ke dalam evaporator melalui celah yang bocor tadi. maka sebelum pengisian preon sebaiknya di kuras dulu menggunakan preon R11,
Tahap ketiga, Ganti Strainer yang lama dengan yang baru, strainer, lubang pengeluaran untuk vipa kapiler ada yang 2 lubang dan 1 lubang (yang dua lubang satu buat vacum)
Tahap ke empat, sambung pentil ke bagian vipa buntu tadi untuk pengisian preon, sewaktu pengelasan pentil, buka siel pentil agar tidak meleleh terkena hantaman panas, setelah terpasang kemudian lap menggunakan kain basah, dan pasang kembali pentil seal.
Tahap ke lima, mulai pengisian preon tapi sebelumnya vacum dulu sambil ngecek apa masih ada yang bocor di lasan sama di evaporator (pengecekan kebocoran bisa dilakukan pakai busa sabun) setelah selesai di vacum dan jarum manifold tidak naik ke atas berarti sudah tidak ada lagi kebocoran, tapi bila jarum manifold masih naik ke atas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
Tahap seterusnya, barulah mulai pengisian refrigrant/preon, tekanan preon KULKAS adalah 15psi dalam keadaan mesin compresor beroperasi, setelah tekanan preon mencapai 15psi cek ampere compresor normal atau tidak, (nilai ampere yang normal anda bisa lihat di spesipikasi diagram di belakang kulkas) dan cek juga evaporator dengan meraba jika sudah terasa lengket di tangan berarti kulkas sudah normal kembali atau dingin.
Kerusakan yang terjadi pada kulkas lainnya atau, pada kompresor yang mengakibatkan sirkulasi refrigran/preon tidak maksimal, sehingga proses pendinginan akan berkurang dan bisa jadi tidak dingin sama sekali tergantung separah apa kerusakan kompresor tersebut'
3. terjadi kebuntuan pada vipa atau kapiler dan filter sehingga sirkulasi refrigran tidak lancar dan menyebabkan kulkas tidak dingin dengan maksimal.
Cara perbaikannya sama halnya dengan perbaikan kebocoran di atas (perbaikan evaporator)
4. kerusakan pada rangkaian kelistrikan yang meliputi seluruh komponen seperti thermostat/pengatur suhu dan overload dan komponen tersebut memiliki fungsi yang sangat penting sehingga jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut akan mengakibatkan kulkas tidak dingin.
5. pintu kulkas tidak tertutup rapat ini biasa terjadi karena karet pintu kulkas sudah tidak rata atau sobek yang mengakibatkan udara dingin yang ada didalam kulkas bertukar dengan udara luar sehingga temperatur rendah sulit tercapai.
4. kerusakan pada rangkaian kelistrikan yang meliputi seluruh komponen seperti thermostat/pengatur suhu dan overload dan komponen tersebut memiliki fungsi yang sangat penting sehingga jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut akan mengakibatkan kulkas tidak dingin.
5. pintu kulkas tidak tertutup rapat ini biasa terjadi karena karet pintu kulkas sudah tidak rata atau sobek yang mengakibatkan udara dingin yang ada didalam kulkas bertukar dengan udara luar sehingga temperatur rendah sulit tercapai.
Cara perbaikannya, buka karet pintu kulkas dan bersihkan atau cuci pake sabun lalu keringkan, dan pasang kembali kalau pintu kulkas masih tidak mau tertutup rapat berarti karet pintu kulkas sudah kaku atau keras,
Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfa'at coretan di atas ini.. Salam sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar